Jumat, 14 September 2012

Putra Khalifah pun Menyimak Hadits




KHALIFAH HARUN AR RASYID saat melaksanakan haji dan memasuki Kufah menyampaikan kepada Qadhi Abu Yusuf,”Sampaikanlah kepada para muhaddits agar mendatangi kita untuk menyampaikan hadits”.

Saat itu tidak ada seorang muhadditspun yang memenuhi undangan itu, kecuali Abdullah bin Idris dan Isa bin Yunus, namun keduanya mensyaratkan agar datang ke rumah mereka. Akhirnya Al Amin dan Al Makmun mengendarai tunggangan untuk menyimak hadits kepada Abdullah bin Idris tersebut sebanyak 100 hadits.

Kemudian mereka berdua pegir menuju ke Isa bin Yunus untuk menyimak hadits dan Al Makmun memberikan 10 ribu dirham, namun Isa bin Yunus menolak seraya menyampaikan,”Aku tidak meminum air dari hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam”. (Tadzkirah Al Huffadz, 1/281)

Dari kisah di atas bisa diketahui bagaimana para penguasa Muslim terdahulu memperhatikan pendidikan keislaman putra-putranya, hingga berusaha mencarikan guru dalam periwayatan hadits untuk mereka. Dan kisah di atas juga menunjukkan betapa wara’ nya para ulama, hingga menolak pemberian uang oleh penguasa meski dalam jumlah yang amat besar.


sumber